Sistem Informasi Desa Pasir Wetan
Babad Pasir Luhur dan
Silsilah Pasir Luhur
Kerajaan Pasir Luhur / Kadipaten Pasir Luhur
dinyatakan sebagai kerajaan Galuh yang merdeka karena tidak dibawah kekuasaan
kerajaan lain baik Sunda (Pajajaran) maupun Majapahit. Pasir luhur dan
Pajajaran terdapat hubungan kekerabatan, Pasir Luhur berada di posisi lebih tua
dibandingkan dengan Pajajaran. Sejarah mengenai Babad Pasir Luhur dan
Silsilanya ada 21 Versi Babad Pasir yang masih bertahan namun banyak teks Babad
Pasir Luhur yang hilang, rusak atau tidak lolos seleksi alam karena tidak
terpelihara dengan baik, tidak mendapat tanggapan pembaca, dan tidak disalin
ulang. Pelacakan kembali terhadap teks-teks Babad Pasir Luhur dari berbagai
scriptoria akan menambah khasanah karya-karya historiografi tradisional dari
masyarakat Banyumas.
Konon Pasir Luhur wilayahnya mulai dari Gunung
Sindoro Sumbing sebagai batas sebelah timur sampai dengan Sungai Citarum
sebagai batas sebelah barat. Dan bukti sejarahnya termuat dalam Versi Tembang
dan Gancaran (prosa-prosa)
Versi Tembang
Versi Pertama adalah Versi Knebel yang meliputi
tiga teks yang pernah diterbitkan oleh Knebel 1900, 1931, dan 1961. Versi
Pertama tersimpan di Perpusakaan Fakultas Sastra, Universitas Leiden.
Versi Kedua adalah Versi Hardjana (1985) yang
diterbitkan oleh Balai Pustaka Dan versi-versi lainnya.
Versi Gancaran
Versi Gancaran atau Prosa meliputi empat Versi,
yaitu (1) Versi Kedhungrandhu, dengan judul Babad Pasir Luhur,
(2) Versi Wigno A dengan judul Babad Pasir (Raden Kamandaka), (3)
Versi Wigno B dengan judul Lajang Raden Kamandaka ija Lutung Kasarung,
dan (4) Versi Kartosoedirdjo dengan judul Babad Noesa Tembini.
Silsilah Pasir luhur awal tidak ditemukan dalam
teks Babad Pasir yang berbentuk tembang seperti yang
dipublikasikan oleh Knebel (1900, 1931, & 1961), Teks Knebel hanya
menyebutkan Arya Bangah sebagai Tokoh yang dituakan. Arya Bangah adalah putra
Raja Pajajaran yang ditempatkan sebagai Raja Galuh (Djajadiningrat, 1983). Arya
Bangah menjadi Raja Galuh diawali sengketa dengan adiknya Ciung Wanara ,
sengketa itu diakhiri dengan Perdamaian, Ciung Wanara pergi kebarat sambil
berpantun, sedangkan Arya Bangah ke timur sambil menembang (Ekadjati, 1995:5).
Peristiwa perdamaian ini merupakan asal usul terpisahnya orang Sunda dan Jawa
(Rosidi, 1984 : 143), Arya Bangah dalam Teks Babad Pasir disebut
Raja Galuh dan menjadi nenek moyang Adipati Pasir. Kerajaan Pasir atau
Pasirluhur merupakan kelanjutan dari Kerajaan Galuh Purba Atau Mataram Kuna
Awal (Priyadi, 2001a:51). Dalam silsilah yang ditulis oleh M. Siradj
Siswaantara, Anak Demang M. Mulyadimedja ditulis sebagai berikut :
PRABU MUNDINGWANGI (Ratu
Ing Pajajaran) |
||
ARYO BANGAH (Raja Galuh) |
PRABU CIUNG WANARA (Raja
Pajajaran) |
RADEN DJAKA SURUH / PRABU
BRAWIDJAJA I (Raja Majapahit) |
ADIPATI DEWA AGUNG |
PRABU LINGGOWASTU |
PRABU BRAWIDJAJA II |
ADIPATI AGUNG DEWA |
PRABU LINGGO LIJO |
PRABU HADININGKUNG |
ADIPATI TJARANG RANGKANG |
PRABU LINGGO LARANG |
PRABU HAJAM WURUK |
ADIPATI AMIDJAJA |
PRABU LINGGO WASI |
PRABU LEMBU AMISANI |
ADIPATI KANDHA DAHA |
PRABU SILIH WANGI |
PRABU BROTANDIUNG |
DEWI TJIPTARASA (Putri
Bungsu) |
RADEN BANYAK TJATRA
(Raden Kamandaka) |
RADEN ALIT / BRAWIDJAJA
III |
Menikah |
PRABU BRAWIDJAJA IV |
|
RADEN BANYAK WIRATA |
PRABU BRAWIDJAJA V |
Nama Banyak Catra yang sangat dikenal para
pembaca Teks Babad Pasir juga dikenal dalam masyarakat sunda dan disebut
sebagai salah satu pantun terpenting dalam Teks Sunda Kuna Sanghyang
Siksa Kanda Ing Karesian yang berasal dari tahun 1518 Masehi , yaitu
Langgalarang, Banyak Catra, Siliwangi, dan Haturwangi.
Konon ceritanya Raden Banyak Catra Putra Mahkota
Raja Pajajaran belum mau menjadi Raja menggantikan Ayahnya bila belum menemukan
Istri untuk dijadikan Permaisuri yang mirip dengan ibunya. Kemudian dia
melakukan perjalanan dengan istilah Ngaman Daka yaitu berjalan seorang diri
dengan tidak menyertakan prajurit dengan menyamar sebagai rakyat biasa.
Sehingga dikenal dengan nama KAMANDAKA. Sampailah dia di Kadipaten Pasir Luhur
dan singkat cerita bertemu dengan Dewi Ciptarasa Putri Bungsu Adipati Kandha
Daha yang berparas mirip sekali dengan ibu Raden Banyak Catra. Raden Banyak
Catra tertarik mendekati Dwi Cipta Rasa untuk dipinang sebagi istrinya.
Disinilah Cerita Legenda LUTUNG KASARUNG.
Kemudian Raden Kamandaka menikah dengan Dewi
Cipta Rasa dan dinobatkan sebagai Adipati Pasir Luhur menggantikan Ayah
Mertuanya Adipati Kandha Daha. Silsilah yang ditulis oleh M. Siradj dan
juga R. Soemarko Adhisaputro yang disalin oleh R. Budi Sasongko sebagai berikut
:
Dewi Cipta Rasa ( Putri
Bungsu) |
Raden Banyak Catra (
Raden Kamandaka) |
Raden Banyak Wirata |
|
Raden Banyak Roma |
|
Raden Banyak Kesumba |
|
Raden Banyak Belanak /
Patih Purwakencana (Pangeran Senopati Mangkubumi I) |
Raden Banyak Geleh /
Patih Wirakencana (Pangeran Senopati Mangkubumi II) |
Pada masa pemerintahan Raden Banyak Belanak.
Datanglah Syekh Mahdum Wali utusan dari kerajaan Demak atas perintah Raden
Patah untuk mengislamkan Kadipaten Pasir Luhur. Dan Raden banyak Belanak
akhirnya masuk Islam dan ikut berjuang bersama Pangeran Makhdum Wali
mengislamkan dari Pati sampai dengan Citarum karena jasanya beliau diberi gelar
PANGERAN SENOPATI MANGKUBUMI I . Raden Banyak Belanak adalah Adipati pertama
Pasir Luhur yang Masuk Islam. Namun kebesaran Pangeran Senopati
Mangkubumi satu dikhianati oleh Anak anak lelakinya yaitu Banyak Thole yang
Murtad keluar dari Islam dan mengubur hidup-hidup Ayahnya Raden Banyak Belanak
ketika sakit keras dan juga memberontak kepada Sultan Trenggana dari Kerajaan
Demak. Adik dari Banyak Belanak yaitu Banyak Geleh menyatakan
kesetiaannya terhadap Islam dan melaRadeAdipatwankemenakannya. Berkat Banyak
Geleh / Wirakencana Banyak Thole bisa dikalahkan Demak ,Banyak Thole berhasil
melarikan diri dari Pasir melalui Sungai Serayu, cincingguling, petanahan dan
berdiam di Bocor. Karena Jasanya Banyak Geleh / Wirakencana dinobatkan sebagai
Adipati dan bergelar PANGERAN SENOPATI MANGKUBUMI II. Raden Banyak Geleh
berputra 10 orang seperti Silsilah berikut :
RADEN BANYAK GELEH /
PATIH WIRAKENCANA ( PANGERAN SENOPATI MANGKUBUMI II) mempunyai 10 anak |
PANGERAN PERLANGON |
NYAI SAJUTA (Wirasaba) |
|
NYAI SAKETI (Medang Agung) |
|
NYAI LUNGGE (Meruyung) |
|
NYAI SABARA (Gunung Wangi) |
|
NYAI SANGKUNI (Darma Wangi) |
|
NYAI GEDE PALUMBUNG (Ngayah) |
|
NYAI WANJAR KUNING (Penyarang) |
|
MAS DJUNJUNG (Kawali) |
|
MAS TENGIRI (Imbanegara) |
Pasir Bathang
Dimasa Pemerintahan Sultan Trenggono Pasir
luhur. Raden Banyak Geleh memindah pusat pemerintahan ke Pasir Bathang. Beliau
meneruskan perjuangan kakaknya bersama dengan Pangeran Makhdum Wali mendirikan
pesantren dan Masjid di Padepokan Ambawang Gula Gumantung yang kemudian dikenal
dengan nama Hastana Pasir atau Pasir Astana.
Pasir Astana
Pada zaman Pajang wilayah Pasir yang luasnya
8.000 dhomas (1 dhomas = 800 karya) dikurangi hanya 8 nambang (1.000 karya).
Pengurangan itu mengakibatkan Pangeran Perlangon mogok tidak mau menghadap ke
Pajang. Patih Anglungbayang sebagai wakil Pangeran Pasir ditolak oleh Sultan
Pajang. Selanjutnya, Pengeran Perlangon diwakili oleh empat orang kemenakannya,
yaitu Jaka Sule, Jaka Gumingsir, Jaka Bilung dan Jaka Gambuh. Keempat orang itu
diterima oleh Sultan dan kemudian meminta daerah lungguh menjadi Ngabehi
Lor, Kidul, Kulon dan Wetan. Pangeran perlangon memang
Adipati Pasir Bathang yang lemah karena lebih mementingkan sikap
asketisismenya. Ia dengan mudah menyetujui permintaan keempat orang
kemenakannya, (Noorduyn & Teeuw, 2009:181) Ki Dipati Meruyung (berganti Ki
Bulum Kinukus) yang tinggal di Meruyung meminta Desa Bojongsari, bahkan Ki
Bulum Kinukus yang disebut juga Ki Gedhe Bojong meminta Gunung Sari, Sirongge,
Jingkang dan Kranggan. Ki Gedhe Bojong yang dikemudian hari dikenal bernama
Kalong Pangrawit magang kepada Sultan Pajang dan menuntut tanah 700 Karya yang
meliputi Ajibarang (100), Nagara Jaya (100) Penyarang (100), Babakan (100)
SIndang Barang (50), Jambu (50), Tinggarjaya (50),Lo Pasir Kedhungwringin
(100) dan Cukang – Keranggan (50). Akibat tuntutan Kalong Pangrawit, Pangeran
Perlangon hanya mengurusi tanah Mancalgangsal, yaitu Lemajang, Karanganyar,
Kober, Kertayasa, dan Gegerlangu. Pangeran Perlangon merasa sakit hati atas
perilaku Kalong Pangrawit dan akhirnya jatuh sakit dan meninggal dunia.
Sepeninggal Pangeran Perlangon Pangeran Langkap tidak mendapat daerah Lungguh. Ia
mencoba meminta keadilan kepada Sultan Pajang tetapi tidak berhasil. Ia hanya
memperoleh tanah 100 Karya. Dan Pangeran Perlangkap tidak mau menjadi ngabehi seperti
keempat saudaranya. Ia menginginkan menjadi Juru Kunci Pasir untuk Perdikan
Pasir Astana. Ini terjadi semasa pemerintahan Panembahan Seda Krapyak Mataram,
tepatnya tahun 1523 Caka / 1601 M. dan Raja Mataram Panembahan Seda Krapyak
memanggil Pangeran Langkap sebagai pewaris daerah Pasir dan menetapkan beliau
sebagi Kunci di Pasir Astana dan mengembalikan hak-haknya sebagai keturunan
Pangeran Perlangon.
PANGERAN PERLANGON |
PANGERAN LANGKAP |
NYAI WANDAN KUNING |
|
NYAI WANDAN TEPUS |
|
NYAI WANDAN SARI |
|
NYAI SEKAR SULE |
|
NYAI SEKAR WULAN |
|
NYAI KARANGSARI |
Pangeran Senopati
Mangkubumi II / Patih Wirakencana ( 1525 – 1549) |
|||
Pangeran Perlangon (1549
– 1581) |
|||
Pangeran Langkap ( Zaman
Pajang & Mataram, Pasir Astana, 1581 – 1601) |
|||
Entol Purwakesuma
(Panembahan Kaloran) (1601 – 1648) |
Wiranaya (1601) Demang I |
Nyi Permade (Istri Kiai
Ng. Singapatra) di Kartanegra |
|
Entol Purwadita (1648 –
1705) |
Wiratruna Demang II |
Kiai Ng. Mertapura
diKertanegara |
|
Entol Purwanangga (1705 –
1782) |
Nayatruna Demang II |
Kiai Ng. Singanegara di
Kertanegara |
|
Kiai Purwadiwangsa (Maryan I ) (1782-1825) |
Nyai Maryam (Kiai Husen) (1821-1831) |
Nayadita |
Kiai Ng. Singawijaya di
Kertanegara |
Kiai Purwadipa (Maryan II) (1825-1840) |
Nyai Nurhakim (1831-1850) |
Bangsarudin |
R. Ng. Muh Tahjudin |
Kiai Khusen (Maryan III) (1840-1881) |
M. Nurahman I (1850-1871) Mertua Kiai Noer Chakim
(1818-1891) |
Ahmad Anom |
Sutawirya (1821-1840) |
M. Wahidun (Ranayuda I) (1881-1912) |
M. Wirasari (Nurahman II) (1871-?) |
Yudadikrama |
Sutadikrama I (1840-1877) |
M. Markus (Ranayuda II) (1912-1927) |
M. Nurahman III |
Danudimeja |
Sutadikrama II (Chamilin) (1877-1898) |
R. Soepardiman Yoedosaputro Blengur (1927-1945) |
M. Mulyadimeja (Nurahman
IV) (?-1919) |
Danu Supraja |
Sutadikrama III (M.
Sudana) (1898-1901) |
|
M. Lindu Abdullah (Nurahman V) (1919-1950) Kepala Desa I (1950-1963) |
Soedardja |
R. Abdullah (1901-1945) |
|
Wangidin Kepala
Desa II (1963-1989) |
Oemar (1935-1945) |
|
|
Sutarman Kepala DesaIII (1990-1995) |
|
|
|
Sukamto Kepala Desa IV (1998-2006) |
|
|
|
Chadjirin Kepala Desa V (2007 – 2013) |
|
|
|
Hj. Endriyani Kepala Desa
VI (2013 – sekarang) |
|
|
PASIR KULON |
PASIR WETAN |
PASIR KIDUL |
PASIR LOR |
Pasir Wetan
Sejarah Perdikan Desa termasuk didalamnya
Pasirwetan tidak termuat dalam tradisi besar Babad Pasir karena
merupakan tradisi kecil. Tradisi kecil hidup dalam tradisi lisan atau folklor.
Yang sebagian berbentuk legenda. Masing-masing mempunyai silsilah para demang
yang dihubungkan dengan tokoh Pangeran Langkap sebagai Kunci Perdikan Pasir
setelah Pangeran Perlangon yang merupakan Adipati Pasirbatang terakhir.
1. Nyai Maryam (Demang
Wanita)
Sejarah Pasir wetan direlasikan dengan seorang
Ulama Demak. Kiai Husen yang kawin dengan kerabat Demang yaitu Nyai Maryam
kakak perempuan Demang Maryan I. Penghargaan terhadap perkawinan dengan
pembagian wilayah Pasir menjadi Pasir Kulon dan Pasir Wetan. Keturunan Kiai
Husen dan Nyai Maryam lebih dituakan karena wetan adalah Kawitan. Sedangkan
Kulon lebih muda karena Maryan I adalah adik Nyai Maryam. Keduanya adalah anak
dari Entol Purwanangga. Nyai maryam berputri Nyai Nurhakim Demang Wanita
2. Nyai Nurhakim (Demang
Wanita)
Nama asli dari Nyai Nurhakim tidak dikenal
karena memakai nama suaminya Kiai Nurhakim. Kiai Nurhakim adalah cucu
dari Nyai Dewi Karangsari. Dewi Karangsari adalah Putri Bungsu Pangeran
Perlangon atau Adik Pangeran Langkap, bersuamikan Mertawecana (seorang
pengembara dari Pajang) berputra Kiai Mertayana,Mertayana berputra Kiai
Talabudin. Talabudin mempunyai anak Nyai Nurahman, Nyai Nurahman berputra Kiai
Nurhakim. Kiai Nurhakim menikah dengan anak perempuan Nyai Maryam dan berputra
Demang Nurahman I.
3. Demang Nurahman I
Demang Nurahman I adalah anak Nyai Nurhakim (I),
Nurahman berputra Nurahman II dan seorang perempuan yang menikah dengan Kiai
Surya Muhammad ( Nurhakim II). Surya Muhammad menurut silsilah yang disusun
oleh M Siradj dan Sumarko adalah Putra Kiai Mohamad Ali yang berasal dari Sala.
Versi lain menuturkan bahwa Surya Muhammad juga punya nama lain Suryaningrat /
Suryokusumo adalah Cucu Pangeran Mangkunegara (Pangeran Sambernyawa). Surya
Muhammad dikemudian hari dikenal dengan Kiai Nurhakim II, dan menurunkan
Ulama atau Kiai di Pasir Wetan.
Demang Nurahman I mempunyai anak sebagai berikut
: (1) Kiai Demang Wirasari (Nurahman II) (2) Nyai Surya Muhammad (3) K.
Tjandradipa (Penatus Dawuhan Wetan) (4) Mas Ajeng Sarwati (Istri Bupati Padang)
(4) Mas Ajeng Demang (dimakam)
4. Demang Nurahman II
Demang Nurahman II dikenal juga dengan nama Demang
Wirasari adalah anak dari Demang Nurahman I atau Cucu Kiai Nurhakim I. Demang
Nurahman II dilahirkan dari Ibu yang berasal dari Gumelem. Mempunyai anak
sebagai berikut : (1) Ibu Penatus Grendeng, (2) Kiai Demang Nurahman III (3)
Mas Kramawidjaja (4) Mas Udadrana (5) Mas Kramajuda (6) Mas Madahir (7) Mas
Reksa (Ciamis) (8) Mas Ajeng Djajawirana (9) tidak dikenal namanya hanya
keturunannya yang terdeteksi yaitu yang menurunkan Bu Sawinem (Bu Sanpeki)
5. Demang Nurahman III
Demang Nurahman III adalah anak dari Demang
Nurahman II mempunyai anak sebagai berikut : (1) Bu Lurah Karangwangkal (2) Bu
Madikram (Ibu Pengulu Sepuh)/Ibu Kramajuda) (3) Bu Tjitraleksana (Bu Lurah
Karangtalun Kidul - Purwajati) (4) Demang Mulyadimedja (5) Pak Nurjasemita (Bau
Kebocoran) (6) Bu Lurah Karangsalam (7) Bu Hajjah Nurjareja (8) Bu Nurjasidin
(9) Bu Lurah Klahang (Sokaraja) (10) Pak Dipawikarta (Demang Wakil) (11) Bu
Nurjasentika (12) Pak Martasentika (13) Pak Ratiman Martotaruno (Mantri Alas
Djawa Wetan) (14) Pak Atmaredja (Kebocoran) (15) Pak Sanwireja (16) Pak
Nurjawikarta (Ahli Batik) (17) Pak Reksa (Bau Gendon Djogreg) (18) Bu Hajjah
Dulsalam (Pasir Kulon) (19) Bu Lurah Dawuhan Kulon (20) Bu Murjawidjaja (21)
Pak Bugel (Carik Karangtengah – Sokaraja) (22) Pak Kartun Tawireja (Pesawahan)
(23) Bu Saminem (Bau Muntang Baturaden) (24) Pak Wirjadimedja (Tjarik/Lurah
Karangpule – Karangsalam) (25) Pak Guteng (26) Bu Samijem (Carik
Kedunglemah) (27) Pak Partosumarto (Wafat 3-9-1977)
6. Demang Muljadimedja (
Demang Nurahman IV)
Demang Muljadimedja mempunyai keturunan 19
dari 6 Istri yaitu :
a. Ibu Demang asal Mandirantjan : Mas Ajeng
Mariah
b. Ibu Wasem : M. Lindu, M. Dullah, M. Hamid, Bu
Lirin, Bu Prihati, M Sugara, M. Sidik
c. Ibu Dilem : M. Rodat, Bu Dari
d. Ibu Dijem : M Ayat (Subroto), M. Sum
e. Ibu Ridem : M. Ratini, M. Sirad, M. Sutarjo
f. Ibu Saiwen : M. Tapsir, Bu Sariti, Bu Truti,
Bu Roliyah
7. Demang Nurahman V (
Lindu Abdurrahman) / Kepala Desa Pasir Wetan ke - I
Anak-anak Demang Nurahman V meliputi : (1) Raden
Nganten Supartinah (2) Raden Supraptomo (3) Raden Sugiyarto. Demang Lindu
termasuk demang yang dicintai rakyatnya, oleh penduduk disebut Suci
Rahayu dan mempunyai kekuatan Supranatural. Yang berkat
sentuhan jari tengahnya bisa menyembuhkan orang sakit. Demang Lindu adalah
Demang terakhir Pasir Wetan (1919 – 1950) setelah Perdikan dihapus oleh
Pemerintah Republik Indonesia dengan Undang-Undang No. 13/1946, namun Demang
Nurahman V (Lindu) dipilih oleh rakyatnya untuk menjabat Lurah atau Kepala Desa
Pasir Wetan (1950-1963).
8. H. Wangidin ( 1963
– 1989) Kepala Desa Pasir Wetan ke - II
Wangidin adalah Kepala Desa kedua setelah Lindu
Abdurrahman dan Kepala Desa pertama Pasir Wetan yang bukan dari keturunan
Demang Nurahman (rakyat biasa). Dan terhitung cukup lama menjadi Kepala Desa
Pasir Wetan yaitu 26 tahun.
9. H. Soetarman HS ( 1990 –
1997 ) Kepala Desa Pasir Wetan ke - III
H. Soetarman HS menjadi Kepala Desa Pasir Wetan
hanya berlangsung 5 tahun yaitu 1990-1995 kemudian mengundurkan diri. Karena
kekosongan Kepala Desa maka diangkatlah Chadjirin ( Kadus) menjadi Penjabat
Sementara Kepala Desa sampai dengan Pemilihan Kepala Desa yang Baru. Bapak H. Soetarman meninggal dunia pada hari selasa, 15 April 2025 dikarenakan sakit.
10. H. Sukamto (1998- 2006
) Kepala Desa Pasir Wetan ke - IV
H. Sukamto menjadi Kepala Desa Pasir Wetan
selama 8 Tahun. Ia adalah adik dari H. Harnoto seorang Tokoh di Pasir Wetan
yang sukses dalam mengembangkan industri di Pasir wetan dan juga tokoh dalam
keagaman khususnya organisasi Nahdlatul Ulama.
11. Chadjirin (2007 – 2013)
Kepala Desa Pasir Wetan ke - V
Chadjirin menjadi kepala Desa selama 6 tahun, ia adalah putra dari seorang Ibu anak Perempuan dari Pak Suwarno. Pak Suwarno putra dari Ibu Pengulu Sepuh Madikram. Ibu Madikram Putri dari Demang Nurahman III. Berarti Chadjirin masih Canggah dari Demang Nurahman III. Dan terhitung tiga kali menjadi Pejabat Sementara Kepala Desa Pasir Wetan yaitu periode 1989-1990, 1995-1997, dan 2006-2007.
12. Hj. Endriyani (2013 s/d
Sekarang) Kepala Desa Pasir Wetan ke - VI
Hj. Endriyani menjadi kepala Desa Pasir Wetan
dari tahun 2013 hingga sekarang. Dilahirkan di Kediri pada 14 September 1961
dari Ayah Bp. Kodrat Soepeno dan Ibu Sumiati.