GAYENG RUYENG BINAAN YDBA

GAYENG RUYENG BINAAN YDBA

Gayeng Ruyeng merupakan salah satu Kelompok UMKM yang bergerak dibidang pembuatan alat-alat pertanian dan didirikan pada tahun 2020 di bawah naungan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), yang beralamat di Desa Pasir Wetan RT 05 RW 01, Gayeng Ruyeng sendiri fokus dalam pembuatan alat pertanian, seperti cangkul banyumasan, pancong, cangkul, slondom selain berbagai alat pertanian,Gayeng Ruyeng juga memproduksi pisau dapur yang sudah ada MoU dengan Indonesian Chef Association (ICA) dan diharapkan produknya dapat diterima diberbagai sektor seperti Hotel, Restoran maupun Kafe.

Berbagai program dari YDBA telah diikuti dengan baik oleh Putra Cendana ini untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk diantaranya Pelatihan Mentalitas Dasar, Pelatihan dan Pendampingan Manajemen 5R(ringkas, rapi, resik (bersih), rawat, dan rajin, Pembukuan Sederhana, Pelatihan Pengetahuan Bahan dan Teknik Tempa, Pelatihan Teknik Pengukuran dan Gambar Teknik, Pelatihan Cost Calculation, serta Pelatihan Proses Penempaan.

Berkat pelatihan-pelatihan tersebut, kini kesan pande besi yang tradisional dan tidak teratur sudah hilang berganti dengan pande besi yang memiliki manajemen kerja yang baik, nyaman dan bersih, alat yang memadai serta penataan tempat yang menarik karena produk ditata pada rak rak yang telah disediakan dan dapat menghasilkan produk yang sesuai standar QCD (quality, cost, delivery) dan dapat meningkatkan angka pemasaran yang awalnya hanya wilayah regional barlingmascakeb sekarang dapat menjangkau pasar Nasional.

Untuk memperkuat program pembinaan di Banyumas, YDBA terus memperkuat sinergitas dengan para stakeholder, seperti Komunitas UMKM di Solo, PT Astra Otoparts Tbk Divisi Engineering Development Center dan stakeholder lainnya. Hingga ini, Astra melalui YDBA terus memperluas kolaborasi untuk memperkuat ekosistem pembinaan di Banyumas, salah satunya dengan mengajak Kementerian Koperasi & UKM RI (KemenkopUKM RI) untuk hadir mengunjungi UMKM secara langsung yang dikemas dalam #UMKMSiapBeraksi pada 26 September 2021. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Pengurus YDBA Rahmat Samulo, Sekretaris Pengurus YDBA Ema Poedjiwati Prasetio dan Sekretaris KemenkopUKM RI Arif Rahman Hakim. 

Apabila ada yang ingin memesan alat-alat pertanian ataupun pisau dapur berstandar chef dapat menghubungi langsung Ketua UMKM Pande Besi Gayeng Ruyeng  yaitu Fajar Tri Anggoro dengan melalui email : banyumas@ydba.astra.co.id. #BanggaBuatanIndonesia